Tak Bayar Uang Buku, Guru MIN Negri Katon Tahan Laport Murid

By ZonaLampung 11 Jan 2020, 18:55:55 WIB Dibaca 11 Kali Pesawaran

Tak Bayar Uang Buku, Guru MIN Negri Katon Tahan Laport Murid


ZONALAMPUNG.COM---Praktik pungutan liar (Pungli) terhadap siswa oleh pihak sekolah, masih saja terjadi. Dugaan pungli tersebut kali ini terjadi di Kabupaten Pesawaran, tepatnya di Sekolah Dasar Madrasyah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Desa Negeri Ulangan Jaya, Kecamatan Negeri Katon.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, sekolah plat merah itu diduga menjual buku pelajaran terhadap siswa/i nya yakni sebesar Rp. 95 ribu. Mirisnya lagi, penjualan buku tersebut diduga dilakukan sekolah berbasis agama itu dengan cara mengancam siswa tidak akan membagikan buku raport.

Merasa dibawah ancaman pihak sekolah, para orang tua siswa dengan berat hati terpaksa membeli buku pelajaran yang sudah ditetapkan pihak sekolah.” Bagaimana tidak mas, jika tidak membeli buku pelajaran tersebut raport tidak dibagikan,” ujar salah satu wali murid yang namanya enggan disebutkan kepada wartawan belum lama ini.

Sumber media ini menjelaskan, dugaan praktik jual beli buku tersebut terjadi pada 21 Desember 2019 lalu saat pelaksanaan pembagian buku raport berlangsung. Masing-masing wali kelas, yakni wali kelas satu sampai wali kelas enam memberikan pengarahan kepada para orang tua siswa.

Bahwa, bagi siswa/i yang belum melunasi pembayaran buku yang sebelumnya telah dihutangkan pihak sekolah untuk segera melunasi. Jika belum diselesaikan maka siswa tersebut tidak akan mendapatkan buku raport. Awalnya, para orang tua mengira ucapan tersebut merupakan canda gurau wali kelas.

“Alhasil, setelah pembagian buku raport berlangsung benar saja siswa maupun siswi yang belum melunasi pembayaran buku tidak mendapatkan buku raport,” terangnya penuh kesal.

Mendapati kejadian tersebut, sontak saja para orang tua panik dan kebingungan, maka seketika itu juga bagi para orang tua yang tidak membawa uang terpaksa harus pulang kerumah masing-masing untuk melunasi pembayaran buku sesuai yang diinginkan pihak sekolah, untuk diketahui dana sebesar Rp. 95 ribu tersebut, untuk pembelian enam buah buku buku, diantaranya buku pelajaran berjudul. Buku bahasa arab, sejarah kebudayaan islam, fikih, Al-qur’an hadis dan Aqidah ahlak serta buku pelajaran Tematik terpadu.

Sementara itu Kepala MIN, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Nurbaiti dihubungi via teleponya. Enggan berkomentar banyak, menurut ibu paru baya ini, agar informasi dugaan pungli tersebut untuk diexpose media. “Saya minta tolong Mas, untuk jangan diberitakan dahulu, alangkah baiknya kita ketemuan untuk diselesaikan secara kekeluargaan,” ungkapnya singkat. (Yani).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jejak Pendapat


  Bagaimana Pendapat anda tentang web ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Biasa Saja
  Buruk
  Sangat Buruk

Komentar Terakhir

  • best online pharmacy

    <a href="http://canadianpharmaciesnorth.com/">sa fe online pharmacies in ...

    View Article
  • jatipjk

    <a href=https://www.wwin-tv.com/> Загадочное убийство 2020 ...

    View Article
  • Louishom

    You actually reported that perfectly. <a href=https://viagrabestbuyrx.com/>mexican ...

    View Article
  • Louishom

    You have made your point. <a href=https://ciaonlinebuymsn.com/>canadian ...

    View Article