Perkaya Diri Sendiri, Kades Sukamandi Palsukan Tanda Tangan Bendahara Cairkan untuk ADD

By ZonaLampung Pada : 07 Agu 2016, 09:17:05 WIB, - Kategori : Lampung TengahPerkaya Diri Sendiri, Kades Sukamandi Palsukan Tanda Tangan Bendahara Cairkan untuk ADD

ZONALAMPUNG.COM --- Kepala Desa (Kades) Sukamandi Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran diduga Palsukan tandatangan Bendahara Desa untuk perkaya diri sendiri, pasalnya, dari investigasi wartawan zonalampung dilapangan, Kades Sekamandi Kusnadi dengan sengaja palsukan tanda tangan bendahara desa guna mencairkan Anggaran Dana Desa (ADD).

Hal ini diungkapkan Suheman selaku Bendahara Desa saat  melaporkan Kades Kusnadi ke aparat penegak hukum di Polsek Kedondong dengan menggandeng kuasa hukum dari Bandar Lampung, DR. M. Yaman, SH.MH.

Lanjutnya, Kusnadi telah memalsukan tanda tangan surat kuasa Pencairan Dana ADD dan dana SILTAP Penghasilan tetap para perangkat desa tersebut pada bulan Juli tahun 2016 di Bank Lampung Cabang Gading Rejo.

“Saya tidak pernah diajak rembuk desa oleh Kades, terus saya kan curiga tuh mas, terus saya selidiki udah cair apa belum tuh ADD, pas saya pergi ke Bank Lampung. Disana saya dihalangi oleh Satpam Bank. Untuk itu saya menggandeng bang Yaman, untuk` mengusut permasalahan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya tim  kuasa hukum, pihak bank bersedia menemui,” Yang menemui kami itu diwakilkan kepada ibu Pruri beserta rekannya, disana beliau menjelaskan bahwa memang benar dana tesebut telah dicairkan pada tanggal 7 Juni 2016,” bebernya.

Setelah mengetahui lah tersebut Tim kuasa hukum langsung mendatangi Sekretaris Camat (Sekcam) Way Lima Bapak Nasrudin, S.Pd, di kediamannya, setelah menerima laporan tersebut Sekcam langsung melaporkan hal tesebut kepada Camat Way Lima Drs. Minak Yakin.

“Setelah Kami mendatangi Sekcam, Pak Sekcam langsung memberitahukan hal tesebut kepada pak camat. Lalu pak kades langsung dipanggil pak camat, disitu pak kades ngaku kalau pemalsuan hal tersebut memang benar,” jelasnya.

Ditempat terpisah Camat Way Lima Minak yakin sangat menyayangkan hal tersebut, sebab, dirinya takut jika dana tersebut disalah gunakan,” Saya sangat menyayangkan sikap Kades Sukamandi memalsukan tanda tangan tersebut, sebab, bisa jadi dana tersebut disalahgunakan,” pungkasnya.

Memdapat laporan tentang pemalsuan tanda tangan yang dilakukan kades Sukamandi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesawaran, akan usut dugaan pemalsuan tandatangan tersebut.
Ketua Komisi I DPRD Pesawaran Susi Gustiana.S.Sos, mengatakan pihaknya akan mendalami laporan yang telah diterima dari zonalampung terhadap dugaan korupsi dan pemalsuan tandatangan yang telah di lakukan Kades Sukamandi.” Kami akan mengecek tentang kebenarannya, karena kami tidak akan membela antara kedua belah pihak, yang namanya laporan ada praduga tak bersalah,” ucap Susi.(Warno)